Tips Berhenti Meragukan Diri Sendiri

Berikut 5 cara untuk meningkatkan kepercayaan diri :

1. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Ingatlah bahwa semua kita berbeda. Setiap orang pasti mempunyai potensi tersendiri, walau orang tersebut cacat sekalipun. Galilah potensi yang ada pada diri sendiri. Mungkin Anda pernah menonton Acara Kick Andy edisi Andy’s Diary, tentang orang-orang cacat tetapi ternyata kehidupannya sangat berarti bagi orang lain dan bahkan mempunyai keahlian yang menakjubkan. Dan mungkin dari diri kita sering melihat ke sekeliling, bahwa banyak pula orang-orang yang dengan segala kekurangannya ternyata mampu berkarya lebih baik.

Berhentilah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Setiap diri kita tidak mungkin sama persis dengan orang lain. Jika Anda sudah mulai membuat perbandingan dengan setiap orang, maka Anda akan menyiksa diri sendiri dan Anda serasa hidup di bayang-bayang orang lain.

2. Berhenti merendahkan diri sendiri

Cobalah mengenal nilai-nilai plus yang ada pada diri sendiri sebagai seorang individu. Jangan pernah sekali-kali meremehkan diri sendiri. Anda sebenarnya mempunyai kemampuan melebihi dari apa yang Anda bayangkan terhadap diri sendiri saat ini.

3. Buat daftar kelebihan kemampuan Anda dan mencoba  merealisasikannya

Cobalah untuk membuat daftar kelebihan dan kekurangan diri sendiri, kemudian fokuskanlah untuk senantiasa mengembangkan kelebihan-kelebihan yang ada pada diri sendiri dan perbaiki kekurangan-kekurangan yang ada. Fokuskan pada sesuatu yang membuat Anda istimewa atau sesuatu yang membuat seseorang nyaman dengan Anda. Mungkin Anda memiliki senyum atau mampu membuat orang lain tertawa. Atau mungkin Anda memiliki bakat terpendam yang tidak pernah Anda sadari. Ingatlah selalu, bahwa Anda sebenarnya adalah orang yang luar biasa.

4. Lebih banyak melibatkan diri

Cobalah untuk mencari klub hobi yang Anda sukai, misalnya bergabung dengan klub olahraga, klub seni, dll. Lebih banyak waktu yang Anda habiskan pada sesuatu yang menstimulus Anda, semakin sedikit waktu untuk merendahkan diri sendiri.

5. Bergabung dengan orang positif

Mau tidak mau, diri kita yang sekarang merupakan produk dari lingkungan sekitar. Kita sering kali menjadi seperti apa yang di lingkungan kita. Jika kita sering bergaul dengan orang negatif, maka kita juga akan terpengaruh menjadi orang yang berpikiran negatif, begitu juga sebaliknya, jika kita bergaul dengan orang-orang yang positif, penuh percaya diri, menghargai orang lain, maka kita juga akan menjadi demikian.

Nah, sekian dulu dari saya ya. Kalau ada yang ingin menambahkan silakan deh… Karena poin-poin di atas saya dapat dari email, sedangkan isinya saya buat sendiri.

Reff: ryanis

Satu Tanggapan

  1. Tulisannya mantap buat perbaikan diri …

Tinggalkan komentar